DIMANA ADA KEMAUAN DISITU ADA JALAN

Selasa, 25 September 2018

CARA MEMBUAT VLOOKUP DI SHEET YANG BERBEDA PADA EXCELL

Halo Sobat !!!... Tutorial kali ini saya akan membuat Vlookup di Excell dengan sheet yang berbeda. sebelum kita melakukannya ada baik nya kita mengetahui fungsi Vlookup . Vlookup itu berfungsi untuk mengambil nilai yang diinginkan pada tabel berdasarkan kunci tertentu. Oke langsung saja cekidot..

Penulisannya :
=VLOOKUP(nama _baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup)

1. Pertama Sobat buat Tabel Master di shett 1 dengan data yang sudah ditentukan misal seperti ini, kemudian kalian beri nama pada tabel master menjadi TB.


2. Kedua Sobat buat tabel yang sudah berisi Tipe Barang, Kode barang, Nama barang, Satuan dan Quantity. seperti ini

3 Ketiga Sobat masukan rumusnya di tabel "Nama barang" dengan rumus"=VLOOKUP(B2;TB;3;0)". Di tabel "Satuan" dengan rumus"=VLOOKUP(B3;TB;4;0)". Dan di table "Tipe barang" dengan rumus "=VLOOKUP(B2;TB;2;0)". Maka hasilnya akan seperti ini . Sobat cukup memasukan Kode barang, maka Tipe barang, Quantity dan Satuan akaan terisi otomatis sesuai dengan Tabel master yang kita buat tadi.
Note: "B2" = lokasi kode barang, "TB" = nama/initial table master, "3" = Urutan kolom barang di Table master, "2" = Urutan kolom Tipe barang di Table master, "4" = Urutan kolom satuan di table master


Nahh.. mudah sekali bukan untuk membuat Vlookup di Microsoft Excell, ini juga berfungsi untuk mempercepat dan meminimalisir kesalah kita saat mengentry data. Demikian tutorial cara membuat Vlookup semoga bermanfaat, Terimakasih.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar