DIMANA ADA KEMAUAN DISITU ADA JALAN

Rabu, 26 September 2018

CARA MEMBUAT HLOOKUP DI SHEET YANG BERBEDA PADA EXCELL

Haloo Sobat!!....Tutorial kali ini saya akan membuat Hlookup di Excell dengan sheet yang berbeda, sebelumnya kita melakukannya ada baiknya kita mengetahui Hlookup. Hlookup itu berfungsi untuk mengambil nilai yang diinginkan dalam bentuk Horizontal pada tabel berdasarkan kunci tertentu. Oke langsung saja cekidot...

Penulisannya :
=Hlookup(sel acuan;tabel acuan;baris;index)

1. Pertama, Sobat buat Tabel Master di shett 1 dengan data yang sudah ditentukan misal seperti ini, kemudian kalian beri nama pada tabel master menjadi Master. seperti ini.


2. Kedua, Sobat buat tabel yang sudah berisi Kode,Tipe, Nama barang dan Satuan

3. Ketiga Sobat masukan rumusnya di tabel
·        "Nama barang" dengan rumus"=HLOOKUP(B2;TB;3;0)".
·        "Satuan" dengan rumus"=HLOOKUP(B3;TB;4;0)".
·        "Tipe barang" dengan rumus "=HLOOKUP(B2;TB;2;0)".
Maka hasilnya akan seperti ini . Sobat cukup memasukan Kode barang, maka Tipe barang, Quantity dan Satuan akan terisi otomatis sesuai dengan Tabel master yang kita buat tadi.

NAMA BARANG
SATUAN

TIPE BARANG

Nahh.. mudah sekali bukan untuk membuat Hlookup di Microsoft Excell, ini juga berfungsi untuk mempercepat dan meminimalisir kesalah  saat mengentry data. Demikian tutorial cara membuat Hlookup semoga bermanfaat, Terimakasih.....












Tidak ada komentar:

Posting Komentar